24 Januari, 2014

Akses User

(Langkah Sebelumnya) -> Backup Database

1. AKSES USER

Data-data user menjadi acuan bagi program untuk menentukan siapa saja yang bisa mengakses program serta menu apa saja yang bisa diakses oleh user tersebut. Untuk itu, sudah semestinya semua pemakai program (terdiri atas login dan password) harus didaftarkan terlebih dahulu, serta menentukan peran user dalam program. Untuk membuka akses user klik menu Administrasi -> Akses User, maka dilayar akan muncul form sebagai berikut:

akses user

Ada dua sub menu dalam menu Akses User yaitu: Setting User dan Lihat log.
a. Setting User
Sub menu ini menetapkan siapa saja yang berhak menggunakan program sekaligus berperan sebagai apa pengguna tersebut saat mengakses program. Untuk membukanya Anda Klik menu Administrasi -> Akses User -> Setting User, maka dilayar akan muncul form sebagai berikut:

setting

Isikkan pada Login, nama yang akan menggunakan komputer, masukkan Password, masukan jenis pekerjaan atau pada bagian apa yang bersangkutan bekerja. Kemudian klik MASUKKAN. Maka nama tersebut akan langsung masuk dalam daftar pengguna yang berada di bawah menu isian.

Ada 6 ‘jabatan’ yang tersedia di program, yakni :
- Administrator : Punya kewenangan mutlak, termasuk menentukan hak akses user.
- Resepsionis : Berwenang melakukan pendaftaran pasien baru dan antrian pasien.
- Rawat Jalan : Melakukan pengisian data diagnosa serta jasa dan tindakan dokter.
- Apotek : Melakukan transaksi penjualan obat bebas/resep dokter.
- Lab Medik : Melakukan pengisian data-data hasil tes Laboratorium pasien.
- Kasir : Berwenang menerima pembayaran dari pasien di semua bagian.

Ada tiga pilihan link yang tersedia dalam kolom proses, yaitu Ubah, Hapus, dan Hak Akses.
Untuk menghapus data yang sudah dimasukkan, klik link Hapus yang terdapat pada kolom proses. Sedangkan untuk mengubah data yang sudah dimasukkan karena ada kesalahan, klik link Ubah yang tersedia pada kolom proses. Kemudian akan muncul option seperti dibawah ini:

ubah

Ubah data yang akan Anda ubah kemudian klik UBAH DATA untuk menyimpan data yang telah Anda ubah.

Untuk menetapkan hal apa saja yang boleh diakses masing-masing user, klik Hak Akses pada kolom Proses dalam daftar user.

hak ases

Setelah Anda klik hak akses, kemudian muncul tampilan sebagai berikut:

akses

Klik pada kotak-kotak yang telah disediakan untuk memberi tanda checklist pada bagian-bagian pekerjaan yang boleh diakses oleh masing-masing user, kemudian klik MASUKKAN.
Masing-masing user hanya bisa mengakses program dan data HANYA pada bidang-bidang yang diijinkan oleh Administrator program sesuai dengan lingkup kerjanya masing-masing.

b. Lihat Log
Melalui sub menu ini Anda bisa memonitor aktivitas setiap user (pengguna) program. Klik menu Administrasi -> Lihat Log, maka akan tampil sebagai berikut:

log

Tetapkan tanggal aktivitas yang ingin dilihat kemudian Anda klik TAMPILKAN AKTIVITAS, atau jika Anda ingin membersihkan log aktifitas Anda bisa klik menu KLIK DISINI U/ MEMBERSIHKAN FILE LOG. Tampilan log aktifitas user adalah sebagai berikut:

llapor

Klik cetak laporan jika anda menginginkan untuk mencetaknya (pastikan printer sudah terhubung).

Catatan : Semua isi tutorial yg ada di blog ini sewaktu-waktu bisa berubah, apabila ada penambahan/perubahan fitur di Software Aplikasi Rumah Sakit kami. Untuk itu kami juga menyarankan bisa langsung mencoba demo secara langsung di website kami, di www.softanesia.com (atau kontak kami langsung bila mengalami kesulitan).

(Langkah Selanjutnya) -> Data Dokter