24 Januari, 2014

Backup Database

(Langkah Sebelumnya) -> Setting Bisnis
1. BACKUP DATABASE

Fitur ini memberikan kemudahan dalam membuat salinan atau backup database yang sudah tersimpan ke dalam harddisk. Ada 2 mode penyimpanan backup database, yaitu Manual dan Otomatis.

a. Backup & Restore Manual

Jika Anda menginginkan sistem penyimpanan backup database secara manual, klik Administrasi -> Backup Database -> Backup & Restore Manual, maka akan muncul menu option sebagai berikut:



Klik Backup untuk membuat salinan database pada harddisk Anda.

Klik OK, untuk menyimpan atau klik Cancel, untuk membatalkan eksekusi. Jika Anda ingin membatalkan backup database yang sudah Anda simpan di harddisk. File hasil backup (baik secara manual maupun otomatis/terjadwal) letaknya ditentukan di menu Backup Otomatis - lihat penjelasan dibawah ini.
 
b. Backup Otomatis

Backup otomatis secara teknis lebih mudah dan sederhana dalam menyimpan data dibandingkan dengan backup secara manual. Cara menyimpan backup otomatis, memungkinkan program melakukan proses penyimpanan backup database setiap hari pada waktu yang telah ditentukan. Anda tinggal mengisi lokasi penyimpanan dan waktu penyimpanan yang diinginkan. Seperti terlihat dalam gambar di bawah ini:

otomatis

Letakkan file database yang akan disimpan dan tentukan waktu backup otomatis sesuai dengan akhir kegiatan /aktifitas Apotek. Setelah Anda yakin dengan data yang Anda tulis, Selanjutnya Anda tinggal klik MASUKKAN.

(Langkah Selanjutnya ) -> Akses User